Cara kerja dari alarm yang saya buat ini adalah mematikan arus CDI sehingga mesin tidak dapat dihidupkan. Apabila kunci kontak dipaksa berada pada posisi ‘ON’ maka klakson akan berbunyi secara terus menerus walaupun kunci kontak dikembalikan pada posisi ‘OFF’ klakson akan tetap berbunyi. Hal ini pasti akan membuat sang pencuri menjadi panik dan memilih untuk kabur, hahaha...
Alat yang perlu disiapkan:
1. Solder dan timah
2. Gunting
3. Isolasi kabel
Bahan yang perlu disiapkan:
1. Saklar (switch) 3 kaki..........Rp 2.500
2. Relay 4 kaki......................Rp 15.000
3. Soket relay.......................Rp 5.000
4. Kabel 3 meter....................Rp 4.500
contoh
Memasang saklar alarm:
Saklar alarm diletakkan pada daerah yang sulit dijangkau yaitu dibawah jok, seperti pada gambar dibawah. Potong kabel negatif CDI yang berwarna hitam bergaris putih, lalu sambungkan ke saklar alarm yang berkaki 3. Perhatikan posisinya!! Kabel dari cdi menuju ke saklar dipasang pada kaki nomer 1 (pinggir) sedangkan kabel dari potongan cdi menuju bodi itu dipasang pada kaki nomer 2 (tengah). Kemudian siapkan kabel panjang pada kaki nomer 3 (pinggir) menuju klakson, biarkan dahulu kita lanjut langkah memasang relay dulu yee..
Memasang relay:
Pasang relay pada soketnya, satukan kaki nomer 86 dengan kabel panjang dari saklar alarm yg tadi telah disiapkan, kemudian sambung ke negatif klakson (kabel klakson berwarna hijau). Sambung kaki nomer 30 dan 85 menjadi satu, lalu disambung ke positif klakson (kabel klakson berwarna oranye). Kaki nomer 87 dipasang ke aki, yaitu kabel merah pada soket berwarna hijau.
Pengetesan:
Selesai merakit rangkaian diatas, ada baiknya kita melakukan pengetesan sistem alarm yang kita buat itu.
Pertama, posisikan saklar alarm berada pada posisi OFF, kemudian nyalakan kunci kontak pada posisi ON (seharusnya tidak terjadi apa2). Kemudian hidupkan mesin (seharusnya mesin dapat hidup dengan sempurna), lakukan pengetesan pada klakson, teeet teeet teeet (seharusnya klakson dapat berfungsi normal). Jika semua terasa baik kemudian matikan kunci kontak pada posisi OFF.
Kedua, posisikan saklar alarm berada pada posisi ON, kemudian nyalakan kunci kontak pada posisi ON (seharusnya klakson akan berbunyi). Kemudian coba hidupkan mesin (seharusnya mesin tidak dapat dihidupkan). Langkah terakhir adalah mematikan kunci kontak ke posisi OFF (seharusnya klakson akan tetap berbunyi, berbunyi, dan teruuus berbunyi...)
Langkah terakhir adalah mematikan bunyi klakson alarm yang sanggup membuat telinga bergetar, bergetar dan bergetar... Cabut kunci kontak, buka jok, kemudian matikan alarm dengan memindahkan saklar alarm ke posisi OFF.
Demikian ulasan tentang uraian singkat sistem alarm pada sepeda motor. Semoga bermanfaat gan, Thanks...
thanks infonya brader
BalasHapustp klo motor saya ninja,apakah warna kabenya sama ya?????mohon di bantu ya
warna tidak masalah yg penting jalur2 kabelnya gan......
BalasHapuscara Kerja Alarmnya gmna Gan...??
BalasHapusmantap.... info yang sangat menarik gan, Tq gan
BalasHapusTpi klu mlng'y dh ngintai tu motor dlu sblm br'aksi gmna. . . ?
BalasHapusCoz mlng'y kn jd tau setiap motor d parkir si pemilik sllu mmbka jok trs.
SEKARNG LAGI NYARI ALTERNATIF SUPAYA KITA TIDAK MEMBUKA JOK TETAPI PAKAI SENSOR GAN
BalasHapusNOT WORK...
Hapusbagaimana bro ada cara untuk membantu saya
HapusGan motor revo th 2008 saklar belnya arusnya (+)positip? Jadi bel hidup trus kalaw di kasih relay! Gmana solusinya?
BalasHapusapa yang salah gan dah sy coba motor suzuki titan,alarm bisa hidup tapi motor msh bisa di starter,sharus nya motor gak bisa di hidupin
BalasHapusGan, kalo bikin suara klakson sendiri gmana ya bisa opo ora? Nuhun
BalasHapusMaksud nya bikin klakson tambahan bang?
HapusAtau suara alarm klakson sendiri?
bro saya sdh raingkai semua sesuai petunjuk tetapi saat saklarnya saya on dan kemudiang kunci kontaknya saya juga on memang sdh hidup klaksonnya cuman bunyinya teetttttttttttttttttttttt tdk ada spasi bunyinya dan waktu saya offkan kunci konta klaksonya jg ikut mati bro tolong bantuannya
BalasHapusbagaimana bro
BalasHapusMas husni arifudin di joknya bisa pake siting yg kalo di tekan mati di lepas nyala
BalasHapuskaya kulkas di buka lampunya nyala di tutup lampunya mati..agan bisa mengadofsi itu tadi
Bang saklar 3 kaki yg dimaksud itu (yg ON OFF ON ) ATAU saklar 3kaki yg (OFF ON ON ) mohon penjelasan nya?
BalasHapusAda g video nya di youtube??
Bang kenapa relay kaki 86 itu dijumper/ dicabang ke saklar klakson dan saklar 3 kaki ?
BalasHapusTrus relay kaki 87 kenapa harus digabung ke kontak dan aki plus... ??