SELAMAT DATANG DI BLOG HUSNY ARIFUDDIN

Minggu, 09 Januari 2011

MEMBUAT ALARM SEDERHANA PADA MOTOR

Alarm berguna untuk menghindari terjadinya pencurian sepeda motor. Berikut ini akan saya tuliskan bagaimana membuat alarm sendiri pada sepeda motor. Sirine dari alarm keamanan adalah menggunakan klakson yang sudah ada pada sepeda motor.

Cara kerja dari alarm yang saya buat ini adalah mematikan arus CDI sehingga mesin tidak dapat dihidupkan. Apabila kunci kontak dipaksa berada pada posisi ‘ON’ maka klakson akan berbunyi secara terus menerus walaupun kunci kontak dikembalikan pada posisi ‘OFF’ klakson akan tetap berbunyi. Hal ini pasti akan membuat sang pencuri menjadi panik dan memilih untuk kabur, hahaha...

Alat yang perlu disiapkan:
1. Solder dan timah
2. Gunting
3. Isolasi kabel

Bahan yang perlu disiapkan:
1. Saklar (switch) 3 kaki..........Rp 2.500
2. Relay 4 kaki......................Rp 15.000
3. Soket relay.......................Rp 5.000
4. Kabel 3 meter....................Rp 4.500





















contoh Diagram kelistrikan alarm:







Memasang saklar alarm:
Saklar alarm diletakkan pada daerah yang sulit dijangkau yaitu dibawah jok, seperti pada gambar dibawah. Potong kabel negatif CDI yang berwarna hitam bergaris putih, lalu sambungkan ke saklar alarm yang berkaki 3. Perhatikan posisinya!! Kabel dari cdi menuju ke saklar dipasang pada kaki nomer 1 (pinggir) sedangkan kabel dari potongan cdi menuju bodi itu dipasang pada kaki nomer 2 (tengah). Kemudian siapkan kabel panjang pada kaki nomer 3 (pinggir) menuju klakson, biarkan dahulu kita lanjut langkah memasang relay dulu yee..



Memasang relay:
Pasang relay pada soketnya, satukan kaki nomer 86 dengan kabel panjang dari saklar alarm yg tadi telah disiapkan, kemudian sambung ke negatif klakson (kabel klakson berwarna hijau). Sambung kaki nomer 30 dan 85 menjadi satu, lalu disambung ke positif klakson (kabel klakson berwarna oranye). Kaki nomer 87 dipasang ke aki, yaitu kabel merah pada soket berwarna hijau.





Pengetesan:
Selesai merakit rangkaian diatas, ada baiknya kita melakukan pengetesan sistem alarm yang kita buat itu.

Pertama, posisikan saklar alarm berada pada posisi OFF, kemudian nyalakan kunci kontak pada posisi ON (seharusnya tidak terjadi apa2). Kemudian hidupkan mesin (seharusnya mesin dapat hidup dengan sempurna), lakukan pengetesan pada klakson, teeet teeet teeet (seharusnya klakson dapat berfungsi normal). Jika semua terasa baik kemudian matikan kunci kontak pada posisi OFF.

Kedua, posisikan saklar alarm berada pada posisi ON, kemudian nyalakan kunci kontak pada posisi ON (seharusnya klakson akan berbunyi). Kemudian coba hidupkan mesin (seharusnya mesin tidak dapat dihidupkan). Langkah terakhir adalah mematikan kunci kontak ke posisi OFF (seharusnya klakson akan tetap berbunyi, berbunyi, dan teruuus berbunyi...)

Langkah terakhir adalah mematikan bunyi klakson alarm yang sanggup membuat telinga bergetar, bergetar dan bergetar... Cabut kunci kontak, buka jok, kemudian matikan alarm dengan memindahkan saklar alarm ke posisi OFF.

Demikian ulasan tentang uraian singkat sistem alarm pada sepeda motor. Semoga bermanfaat gan, Thanks...











14 komentar:

  1. thanks infonya brader
    tp klo motor saya ninja,apakah warna kabenya sama ya?????mohon di bantu ya

    BalasHapus
  2. warna tidak masalah yg penting jalur2 kabelnya gan......

    BalasHapus
  3. cara Kerja Alarmnya gmna Gan...??

    BalasHapus
  4. mantap.... info yang sangat menarik gan, Tq gan

    BalasHapus
  5. Tpi klu mlng'y dh ngintai tu motor dlu sblm br'aksi gmna. . . ?
    Coz mlng'y kn jd tau setiap motor d parkir si pemilik sllu mmbka jok trs.

    BalasHapus
  6. SEKARNG LAGI NYARI ALTERNATIF SUPAYA KITA TIDAK MEMBUKA JOK TETAPI PAKAI SENSOR GAN

    BalasHapus
  7. Gan motor revo th 2008 saklar belnya arusnya (+)positip? Jadi bel hidup trus kalaw di kasih relay! Gmana solusinya?

    BalasHapus
  8. apa yang salah gan dah sy coba motor suzuki titan,alarm bisa hidup tapi motor msh bisa di starter,sharus nya motor gak bisa di hidupin

    BalasHapus
  9. Gan, kalo bikin suara klakson sendiri gmana ya bisa opo ora? Nuhun

    BalasHapus
  10. bro saya sdh raingkai semua sesuai petunjuk tetapi saat saklarnya saya on dan kemudiang kunci kontaknya saya juga on memang sdh hidup klaksonnya cuman bunyinya teetttttttttttttttttttttt tdk ada spasi bunyinya dan waktu saya offkan kunci konta klaksonya jg ikut mati bro tolong bantuannya

    BalasHapus
  11. Mas husni arifudin di joknya bisa pake siting yg kalo di tekan mati di lepas nyala

    kaya kulkas di buka lampunya nyala di tutup lampunya mati..agan bisa mengadofsi itu tadi

    BalasHapus